Apa itu sistem informasi psikologi?


Pengertian Sistem Informasi Psikologi




A.    Definisi Sistem
Menurut Hutahaean (2015) sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan kegiatan atau untuk melakukan sasaran yang tertentu. Pendekatan sistem yang merupakan jaringan kerja dari prosedur lebih menekankan urutan-urutan operasi di dalam sistem.
Menurut Marimin, Tanjung dan Prabowo (2006) mengatakan bahwa sistem adalah suatu kesatuan usaha yang terdiri dari bagian-bagian yang berkaitan satu sama lain yang berusaha mencapai suatu tujuan dalam suatu lingkungan kompleks. Selanjutnya Marimin (2004) memberikan definisi sistem merupakan satu kesatuan usaha yang terdiri dari bagian-bagian yang berkaitan satu sama lainy ang berusaha mencapai suatu tujuan dalam suatu lingkungan kompleks.
Berdasarkan definisi tokoh di atas dapat disimpulkan sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama, nagian-bagian yang berkaitan satu sama lain yang berusaha mencapai suatu tujuan dalam suatu lingkungan kompleks.

B.     Definisi Informasi
Menurut Kusrini dan Koniyo (2007) informasi adalah data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi pengguna, yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendukung sumber informasi.
Menurut Amsyah (2005) informasi adalah data yang sudah diolah kedalam bentuk tertentu sesuai dengan keperluan pemakaian informasi. Lain halnya menurut Hutahaean (2015) informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan memiliki nilai nyata atau lebih berarti bagi penerimanya.
Berdasarkan definisi tokoh di atas dapat disimpulkan informasi adalah data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi pengguna, atau sudah diolah dalam bentuk tertentu sesuai dengan keperluan pemakaian informasi, dan memiliki nilai nyata atau lebih berarti bagi penerimanya.


C.    Definisi Psikologi
Menurut Jahja (2011) psikologi adalah ilmu yang mempelajari proses mental dan tingkah laku manusia dalam hubungan dengan lingkungannya dan juga mempelajari tentang jiwa manusia. Menurut Sahlan (2018) psikologi adalah studi ilmiah mengenai perilaku dan proses mental, dan juga ilmu yang mempelajari tentang jiwa, baik mengenai macam-macam gejalanya, prosesnya maupun latar belakangnya.
Selain itu menurut Masganti (2017) mengatakan bahwa psikologi adalah studi sistematis tentang perilaku manusia, mencakup peranan insting, budaya, fungsi berpikir, inteligensi dan bahasa, selain itu psikologi merupakan cabang ilmu pengetahuan yang membahas perilaku, tindakan, atau proses mental dan pikiran diri, atau kepribadian yang terkait dengan proses mental.
Berdasarkan definisi tokoh di atas dapat disimpulkan psikologi adalah ilmu yang mempelajari proses mental dan tingkah laku manusia dalam hubungan dengan lingkungan, mengenai macam-macam gejalanya, membahas perilaku, tindakan, atau proses mental dan pikiran diri dan kepribadian terkait dengan proses mental.

D.    Definisi Sistem Informasi Psikologi
Berdasarkan definisi dari beberapa tokoh diatas disimpulkan sistem informasi dan psikologi adalah ilmu yang mempelajari suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur saling berhubungan berdasarkan data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi proses mental dan tingkah laku manusia.







DAFTAR PUSTAKA

Amsyah, Z. (2005). Manajemen sistem informasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hutahaean, J. (2015). Konsep sistem informasi. Yogyakarta: Deepublish.
Jahja, Y. (2011). Psikologi perkembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Kusrini., Koniyo, A. (2007). Tuntutan praktis membangun sistem informasi akutansi dengan visual basic & Microsoft SQL server. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Marimin. (2004). Teknik dan aplikasi pengambilan keputusan kriteria majemuk. Jakarta: Grasindo.
Marimin., Tanjung, H., Prabowo, H. (2006). Sistem informasi manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Grasindo.
Masganti, S. (2017). Psikologi perkembangan anak usia dini. Depok: Kencana.
Sahlan, A. (2018). Mendidik perspektif psikologi. Yogyakarta: Deepublish


Komentar