Dampak Perkembangan IPTEK di Bidang Sosial, Ekonomi dan Budaya

Perkembangan  IPTEK yang sangat pesat telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Pengembangan iptek juga dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Telah kita ketahui bahwa IPTEK telah berkembang pesat dalam lapisan masyarakat. Hal tersebut mendukung berbagai peranan serta dampak IPTEK dalam berbagai bidang, seperti Bidang Ekonomi, Sosial, dan Budaya.

Contoh Nyata Kemajuan Iptek Bagi Kehidupan :

A. Sosial
Dengan menggunakan teknologi manusia dapat berkomunikasi, mencari informasi dan belajar dimana saja. Kemajuan teknologi yang telah tercapai sekarang ini benar-benar memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia.

Dampak positif :
  • Keefektifan biaya dan waktu. Misalnya saat mengajar, kini telah ada teknologi pembelajaran secara online, jadi guru atau dosen tidak perlu repot untuk datang ke sekolah atau kampus, cukup menerangkan pelajaran lewat media internet kepada anak muridnya.
  • Masyarakat tidak perlu lagi membeli koran untuk mengetahui informasi mengenai berita, cukup dengan membuka internet, kita sudah dapat membaca berita melalui media online, dan tidak mengeluarkan biaya.
  • Dapat mengenal berbagai orang atau teman lama dari sosial media.

Dampak negatif:
  • Kenakalan dan tindak penyimpangan dikalangan remaja dengan mengakses situs porno, dan oknum-oknum yang menggunakan media facebook, twitter, dll sebagai media porstitusi yang sudah jelas dapat merusak moral para generasi muda.
  • Melemahkan rasa gotong-royong dan saling tolong-menolong yang menjadi ciri khas masyarakat Indonesia.
  • Manusia menjadi malas. Karena telah dimanjakan oleh teknologi, sehingga kita tidak perlu repot bertemu dengan seseorang. Dengan teknologi, kita tetap dapat bertatap muka meskipun tidak bertemu dengan orang tersebut.



B. Ekonomi
Perusahaan besar tidak mungkin berkembang tanpa dukungan teknologi walaupun sebagian penduduk masih hidup di bawah garis kemiskinan namun sebagian besar sudah dapat merasakan manfaat menggunakan teknologi modern, karena kebutuhan hidupnya dapat dengan mudah diperoleh dengan harga yang relative lebih murah.
Pada bidang ekonomi, kemajuan IPTEK dapat dirasakan, hal ini terbukti karena saat ini banyak orang-orang yang kehidupannya makin sejahtera berkat usahanya dalam bidang IPTEK. Sebagai Contoh, kita dapat membuat software game yang saat ini sangat diminati oleh masyarakat terutama pada anak-anak. Selain itu, kita dapat memanfaatkan media elektronik lainnya untuk mengembangkan usaha kita. Dengan teknologi, kita juga dapat mempromosikan usaha-usaha kita

Dampak positif  :
  • Pertumbuhan Ekonomi yang Semakin Tinggi
  • Terjadinya Industrialisasi
  • Produktifitas dunia industri semakin meningkat.
  • Mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditri
Dampak negatif :
  • Terbukanya pasar bebas, memungkinkan produk luar negeri masuk dengan mudahnya.
  • Terjadinya pengangguran bagi individu yang tidak memiliki skill dan kualifikasi sesuai dengan yang dibutuhkan
  • Sifat konsumtif
  •  Masuknya tenaga kerja asing
  • Adanya aksi tipu menipu dalam proses jual beli online yang dapat merugikan sepihak.



C. Budaya
Budaya atau kebudayaan adalah kerangka acuan bagi perilaku masyarakat pendukungnya yang berupa nilai-nilai (kebenaran, keindahan, keadilan, kemanusiaan, dll) yang berpengaruh sebagai kerangka untuk membentuk pandangan hidup manusia yang relatif menetap dan dapat dilihat dari warga budaya itu untuk menentukan sikapnya terhadap berbagai gejala dan peristiwa kehidupan. IPTEK mempengaruhi masyarakat dalam kebudayaan, itu semua tergantung pada diri masyarakatnya sendiri. Masyarakat harus selektif dan dapat bersifat kritis terhadap perkembangan IPTEK yang semakin pesat.
Dampak Positif :
  • Semakin berkembangnya daya pikir individu dalam suatu bidang, baik dari segi ekonomi, politik, pendidikan, dan lain sebagainya. 
  • Kemampuan individu dalam mencari dan mengumpulkan data untuk bahan diskusi dapat mereka dapatkan dengan cepat dan akurat melalui media berbasis teknologi.
Dampak Negatif :
  • Penyalahgunaan media teknologi sebagai sarana pencarian yang tidak ada hubungannya dengan ilmu pengetahuan. Hal tersebut dapat membentuk kebudayaan yang rendah akan moral dan sumber daya manusia yang bobrok dan tak berkualitas sedikitpun
  • Turunnya minat anak akan permainan tradisional.
  • Perubahan gaya hidup masyarakat menjadi kebarat-barat an.






Kaitannya Dengan Ilmu Psikologi
Kemajuan IPTEK sudah dirasakan masyarakat baik positif maupun negatifnya. Hal ini dikarenakan mudahnya pengaksesan media informasi dan teknologi ini, baik bagi para kaula muda maupun yang tua. Bahkan pada umumnya, saat ini pengguna paling banyak dalam memanfaatkan teknologi ini adalah anak berusia5-12 tahun. Karna itulah anak berumur 5-12 tahun disebut sebagai generasi multi-tasking.
            Seperti di kutip dalam surat kabar New York-Times, seorang anak kecanduan iPad. Anak tersebut akan panik dan menangis jika gadget tersebut direbut atau tidak ada disebelahnya. Anak ini dapat dikatakan telah mengalami ketergantungan terhdadap salah satu terobosan baru pada era globalisasi ini. Pada saat makan, belajar, bermain bahkan tidur tidak dapat lepas dari gadget tersebut. Pada hakikatnya, anak-anak belum saatnya mengenal gadget, mereka masih memerlukan interaksi yang lebih luas dengan crayon, buku gambar, dan teman bermain.
            Pemikiran orangtuapun kini sudah mengalami perubahan. Kemudahan akses dalam mendapatkan gadget seperti tablet yang ada di era globalisasi saat ini membuat orang tua tidak perlu membelikan beranearagam mainan untuk anaknya. Dimana dengan harga terjangkau, segala macam permainan sudah dapat dimainkan. Dengan demikian, sosialisasi anak tersebut tidak optimal dibanding dengan teman sebayanya yang tidak memiliki gadget. Kemajuan teknologi memiliki potensi mendorong anak untuk menjalin hubungan yang lemah. Waktu yang seharusnya digunakan untuk bercengkrama secara langsung berkurang karena waktu tersebut tersita hanya untuk menikmati semuanya dalam kesendirian.
            Dampak lainnya adalah anak terlalu cepat merasa puas dengan pengetahuan yang didapatkan dari dunia internet, padahal pada umumnya pengetahuan dari internet hanya berisikan sebuah kesimpulan.
            Dampak positif dari penggunaan media informasi dan teknologi ini adalah antara lain untuk memudahkan seorang anak dalam mengasah kreativitas dan kecerdasan anak adanya beragam aplikasi digital seperti mewarnai belajar membaca dan menulis huruf tentunya memberikan dampak positif bagi perkembangan otak anak. Mereka tidak memerlukan waktu dan tenaga yang lebih untuk belajar membaca dan menuis di buku atau kertas. Anak-anak menjadi lebih bersemangat karena adanya aplikasi semacam ini.


Komentar